Saturday, March 19, 2016

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna



Makanan Pokok

 

Berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan energi. Yaitu makanan yang banyak mengandung zat tepung atau karbohidrat seperti roti gandum, singkong, nasi, jagung, serta sagu.


Lauk Pauk

Berfungsi untuk membangun jaringan tubuh yang baru dan mengganti yang rusak serta menjaga keseimbangan asam basa. Yaitu makanan yang banyak mengandung protein.
Juga berfungsi untuk melarutkan berbagai vitamin, membangun bagian-bagian sel tertentu, serta untuk pelindung tubuh dari suhu rendah. Yaitu makanan yang mengandung lemak.
Contoh lauk pauk adalah daging, ikan, telor, tahu, tempe, kepiting, kacang-kacangan, jagung manis, kelapa dan metega.


Sayur-sayuran


Berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi, komponen enzim-enzim, dan aktivitas persarafan serta menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Yaitu makanan yang mengandung vitamin dan mineral.
Contoh sayur adalah bayam, sawi, buncis, kangkung, seledri, brokoli, kol, tomat, jamur, wortel, timun, daun pepaya, daun bawang, terong, kacang panjang, lembayung dan sebagainya.

Buah-buahan

Hampir sama dengan sayuran, buah-buahan juga berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi, komponen enzim-enzim, dan aktivitas persarafan serta menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Yaitu makanan yang mengandung vitamin dan mineral.
Contoh buah adalah Pisang, Pepaya, Nanas, Salak, Mangga, Kelengkeng, Melon, Semangka, Jeruk, Jambu Air, Anggur, Sirsak, Apel, Rambutan, Alpukat, Jambu biji, Stroberi, Bluberry dan sebagainya.

Susu


Susu segar kaya akan nutrisi, diantaranya protein, vitamin D, kalsium, vitamin B12, vitamin A, fosfor, riboflavin, dan niacin. Diantara manfaat susu adalah :
Membentuk otot,
Pertumbuhan tulang untuk bayi,
Mencegah osteoporosis pada orang dewasa,
Mengurangi risiko hipertensi,
Mengurangi risiko penyakit jantung,
Menghaluskan kulit,
Melancarkan pencernaan,
Mencegah Kerusakan Gigi,
Mencegah Kanker Usus,
Dan sebagainya

No comments:

Post a Comment